Skip to main content

Posts

Showing posts from July 29, 2013

Cash register

Setiap transaksi penjualan barang dagangan terjadi, harus ada bukti pendukung sebagai dokumen bisnis perusahaan. Cash register merupakan contoh bukti pendukung adanya transaksi penjualan secara tunai dan faktur penjualan meru[pakan salah satu contoh bukti pendukung transaksi penjualan secara kredit. Ilustrasi 1.5 merupakan contoh faktur penjualan sebagai dokumen bisnis yang ada di perusahaan dagang.
Syarat penjualan bisa berupa termin penjualan, misal yang menyatakan 2/ 10, n = 30. Termin ini memiliki makna bahwa jangka waktu pembayaran paling lama 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal transaksi, jika pembeli melakukan pembayaran maksimal 10 (sepuluh) hari setelah tanggal transaksi, penjual akan memberikan potongan penjualan sebesar 2% kepada pembeli

Transaksi Penjualan Barang Dagang

Penjualan barang dagangan bisa dilakukan secara tunai maupun secara kredit. Pada saat perusahaan menjual barang dagangannya, maka diperoleh pendapatan. Jumlah yang dibebankan kepada pembeli untuk barang dagang yang diserahkan merupakan pendapatan perusahaan yang bersangkutan. 
Untuk perusahaan dagang, akun yang digunakan untuk mencatat penjualan barang dagang disebut akun penjualan. Penjualan adalah pendapatan dari hasil penjualan.
Jika penjualan barang dagangan dilakukan secara kredit, maka menimbulkan piutang yang biasanya dicatat dalam akun “Piutang Dagang”. Dan pada saat terjadi penjualan secara kredit ini, seringkali diikuti dengan syarat penjualan. Piutang dagang terjadi akibat penjualan secara kredit